Senin, 28 Januari 2019 12:04 WIB

Apa Yang Terjadi Jika Pria Minum Pil KB? Efeknya Ternyata Mengejutkan!

 Apa yang Terjadi Jika Pria Minum Pil KB? Efeknya Ternyata Mengejutkan!

Pil KB (Keluarga Berencana) adalah salah satu alat kontrasepsi yang digunakan banyak perempuan untuk mencegah kehamilan. Lantas, apa jadinya kalau pria yang meminumnya? Apakah efeknya akan serupa dengan perempuan yang meminumnya? Berikut ulasan fakta-fakta selengkapnya.

1. Pil KB mengandung hormon progesteron dan estrogen

Hormon progesteron dan estrogen diproduksi oleh tubuh perempuan secara alami. Adapun, saat diminum dalam bentuk pil akan memengaruhi siklus menstruasi dan mencegah kehamilan.

2. Sama dengan pil KB, pria pun memiliki hormon progesteron dan estrogen

Meski begitu, pria hanya sedikit memproduksi kedua hormon ini. Adapun, hormon estrogen berguna untuk membantu pematangan sperma. Sementara itu, progesteron berguna untuk merangsang pembentukan hormon testosteron.

3. Sebenarnya, pria yang meminum pil KB punya efek yang kecil pada tubuhnya

Bisa saja seorang pria meminum satu atau dua pil KB. Namun, kecil kemungkinannya akan memengaruhi tubuh.

4. Namun, pil KB bisa memberikan efek jika diminum oleh pria secara teratur

5. Kadar hormon progesteron dan estrogen bisa mengubah tampilan fisik pria, mulai dari pembesaran payudara hingga penyusutan testis

Jika diminum teratur dan dalam waktu yang lama, pria bisa mengalami pembesaran payudara atau dikenal sebagai ginekomastia. Selain itu, lama-kelamaan ukuran testis pria pun akan menyusut.

6. Selain itu, bisa juga memengaruhi kadar sperma dan gairah seks

Hal ini ditandai dengan produksi sperma dan gairah seks yang menurun. Bahkan, bisa juga membuat pria mengalami disfungsi ereksi.

7. Lama-kelamaan bisa mengalami osteoporosis

Konsumsi pil KB yang berkelanjutan bisa menekan jumlah produksi testosteron. Jika terus berlanjut, seorang pria bisa mengalami osteoporosis dini.

8. Berisiko mengalami penggumpalan darah

Ini bisa terjadi terutama jika seorang pria juga merokok. Gak hanya itu, konsumsi pil KB juga bisa berisiko menimbulkan penyakit hati dan empedu.

9. Massa otot di kaki, dada, dan lengan pun berkurang Itu karena kadar testosteron yang semakin rendah. Pada akhirnya, seorang pria akan punya penampilan fisik yang menyerupai perempuan.

Melihat efek di atas, ada baiknya pria jangan sembarangan minum pil KB tanpa pengawasan dari dokter. Itu karena bisa mengganggu sistem reproduksi dan perubahan fisik tubuh. Jadi, buat kamu kaum adam, jangan sembarangan meminum pil KB ya.

Source : Idntimes

Apa | yang | Terjadi | Jika |

Copyright @2015