Sabtu, 09 Pebruari 2019 11:57 WIB

Plt Gubernur Jambi Ajak Insan Pers Perangi Informasi Hoax

 Plt Gubernur Jambi Ajak Insan Pers Perangi Informasi Hoax
Plt Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar (Tengah)

SURABAYA (SR28) - Plt Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, mengajak seluruh insan pers dalam memerangi informasi hoax dengan memberikan berita yang benar kepada masyarakat, karena pers merupakan kontrol sosial bagi masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan Fachrori usai menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2019, yang berlangsung Grand City Convention and Exhibition, Surabaya – Jawa Timur, Sabtu (9/2/2019),dan dihadiri Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara, Iriana.

“Para insan pers harus memberikan informasi yang benar kepada masyarakat, karena itu merupakan suatu bentuk tanggung jawab tinggi dari kebebasan pers. Tunjukkan, bahwa pers masih sangat dipercaya oleh masyarakat,” ujar Fachrori.

Sebagai kontrol sosial dalam masyarakat, menurut Fachrori, insan pers harus terus memberikan informasi yang benar, terlebih lagi dalam menghadapi pemilu pada bulan April 2019 nanti.

Lebih lanjut, Fachrori mengingatkan, masyarakat jangan cepat percaya terhadap berita berita hoax, harus lebih cerdas dalam menerima informasi. Menjelang pemilu tahun 2019 banyak informasi hoax yang saling menjatuhkan, masyarakat harus benar benar jeli dalam menyikapi informasi yang didapat.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo mengajak seluruh insan pers untuk menjadikan pers di Indonesia sebagai sebuah wahana komunikasi masal, penyebar informasi dan membentuk opini yang melaksanakan asas, fungsi, hak, kewajiban dan peranannya dengan sebaik baiknya berdasarkan kebebasan pers yang profesional.

“Melalui momen ini, saya mengajak seluruh insan pers untuk meneguhkan kembali ketaatan kepada kode etik jurnalistik (KEJ) yang menjadi landasan moral dan etika dalam menjalankan profesi jurnalis. Hal ini penting untuk menjadikan pers Indonesia, agar dalam menjalankan peranannya untuk melakukan pengawasan, kritik, koreksi dan saran selalu mengacu pada hal hal kepentingan publik,” terang Yosep.

Reporter: Richi, Foto: Adi Putra
Editor: Agus Solihin Abar

 

Plt | Gubernur | Jambi | Ajak |

Copyright @2015