Rabu, 06 Maret 2019 10:59 WIB

Resistensi Antibiotik Menjadi Ancaman Kesehatan Global

 Resistensi Antibiotik Menjadi Ancaman Kesehatan Global

JAKARTA - Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa resistensi antibiotik adalah salah satu ancaman terbesar bagi kesehatan global dan keamanan pangan di seluruh dunia. Resistensi antibiotik dapat mempengaruhi siapa saja dari segala usia dan disebabkan secara alami tetapi penyalahgunaan antibiotik dapat mempercepat prosesnya.

Banyak infeksi termasuk beberapa infeksi menular seksual seperti gonore menjadi sulit diobati karena situasinya. Resistensi antibiotik adalah jenis resistensi obat. Itu terjadi ketika mikroorganisme menjadi kebal terhadap efek antibiotik. Bakteri, dan bukan manusia atau hewan menjadi resisten terhadap antibiotik.

Meskipun penyebab resistensi antibiotik alami dan terkait dengan evolusi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan yang dapat mempercepat prosesnya. Peningkatan resistensi antibiotik dapat menyebabkan tinggal lebih lama di rumah sakit jika memiliki infeksi, biaya pengobatan yang lebih tinggi dan juga meningkatkan risiko kematian.

Dilansir dari Times Now News, cara pertama penyalahgunaan antibiotik adalah dengan meminumnya saat tidak membutuhkan yang dapat menyebabkan resistensi antibiotik. Bakteri dapat dibunuh dengan antibiotik tetapi virus yang menyebabkan masalah seperti flu tidak bisa. Menggunakan antibiotik untuk mengatasi infeksi, bahkan tidak akan bekerja dan dapat menyebabkan resistensi antibiotik.

Terlalu sering menggunakan antibiotik merupakan cara lain penyalahgunaan antibiotik. Menurut WHO, terlalu sering menggunakan antibiotik dapat menyebabkan bakteri menjadi kebal dan perawatan saat ini untuk infeksi tertentu mungkin tidak bekerja lagi pada mereka.

Source : Sindonews.com

Resistensi | Antibiotik | Menjadi | Ancaman |

Copyright @2015