Rabu, 06 Maret 2019 11:07 WIB

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Pemilik Kulit Berwarna Gelap

 Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Pemilik Kulit Berwarna Gelap

Banyak hal yang dipertimbangkan seorang perempuan sebelum memutuskan untuk mencoba skin care. Mulai dari kecocokan klaim produk dengan masalah kulit yang kita alami, hingga formulasi produk dengan jenis kulit kita. Lalu, bagaimana dengan faktor warna kulit ya? Apakah warna kulit tertentu membutuhkan perawatan kulit yang berbeda juga? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Selain hadir dalam berbagai jenis, kulit juga hadir dalam berbagai warna. Mulai dari yang sangat terang, hingga yang sangat gelap. Nah, apapun warna kulitnya, kamu tetap berisiko mengalami berbagai masalah kulit seperti kulit dehidrasi, jerawat, pori-pori tersumbat, munculnya tkamu penuaan, kulit sensitif, kerusakan akibat sinar matahari, dan masih banyak lagi. Maka itu, apapun jenis dan warna kulitnya, kamu tetap membutuhkan perawatan kulit dengan skin care agar kulit senantiasa sehat dan terawat.

Secara umum, ada beberapa hal yang perlu kamu ingat dalam merawat organ terbesar dari tubuh kita ini. Pertama, selalu gunakan pembersih yang gentle sehingga tidak menyebabkan kulit semakin kering. Lalu, pilih tekstur produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu, serta pilih produk yang kaya akan kandungan anti-oksidan dan kandungan yang mampu menutrisi kulit dengan baik. Terakhir, selalu beri perlindungan pada kulit dengan menggunakan sunscreen.

Masalah Kulit yang Sering Dialami Pemilik Kulit Gelap

Jumlah melanin dalam kulit menentukan seberapa gelap kulit kamu. Perbedaan warna kulit ini terjadi akibat migrasi dan adaptasi manusia terhadap iklim tempat mereka tinggal. Seseorang dengan kulit berwarna gelap memiliki toleransi yang lebih baik terhadap paparan matahari. Tak hanya itu kulit berwarna gelap juga menunjukkan tanda-tanda penuaan lebih lambat jika dibandingkan dengan kulit terang.

Karena memiliki jumlah melanin yang lebih banyak, seseorang yang memiliki kulit berwarna gelap berisiko mengalami masalah kulit yang berhubungan dengan diskolorasi pada kulit. Misalnya, saat mengalami jerawat, seseorang yang memiliki kulit berwarna gelap berisiko mengalami hiperpigmentasi atau dark spot pada bekas jerawat. Berbeda dengan kulit terang, menghilangkan hiperpigmentasi pada kulit gelap cenderung lebih sulit. Selain itu, beberapa masalah kulit yang lebih sering terjadi pada seseorang berkulit gelap adalah vitiligo, keloid, melanoma, dan ingrown hair.

Meskipun pada dasarnya semua kulit, apapun warna dan jenisnya, sama-sama butuh dirawat menggunakan skin care, ada beberapa tips merawat kulit yang bisa diterapkan kamu yang memiliki kulit berwarna gelap. Tipsnya sebagai berikut:

Gunakan Sunscreen Setiap Hari – Paparan matahari merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pembentukan melanin meningkat. Akibatnya, hiperpigmentasi yang terjadi akan semakin parah dan sulit ditangani. Maka itu, selalu lindungi kulit menggunakan sunscreen yaa. Jangan lupa juga untuk melakukan retouch!

Mulai Gunakan Produk Anti-Aging Sejak Dini – Kulit berwarna gelap memang menunjukkan tkamu-tkamu penuaan yang lebih lambat jika dibandingkan kulit terang. Namun, bukan berarti proses penuaan tersebut tidak terjadi. Gunakan produk anti-aging sejak dini untuk mencegah penuaan dini pada kulit di waktu yang akan mendatang.

Tangani Iritasi Kulit dengan Cepat – Iritasi kulit merupakan salah satu penyebab terjadinya hiperpigmentasi pada kulit. Maka itu, segera tangani iritasi yang terjadi agar tidak meninggalkan bekas yang parah.

Berhati-hati dalam Melakukan Perawatan – Baik itu perawatan dokter atau terapis, pastikan klinik tempat kamu melakukan perawatan benar-benar memahami cara menangani kulit berwarna gelap. Karena, ada beberapa jenis perawatan yang kurang cocok dilakukan di kulit berwarna gelap. Misalnya, adalah perawatan laser yang berisiko menyebabkan post-inflammatory hyperpigmentation pada kulit berwarna gelap.

Source : Fimela.com

Hal-hal | yang | Perlu | Diperhatikan |

Copyright @2015