Kamis, 22 Agustus 2019 07:40 WIB

PAN Kerinci Dorong Saiful Efrijal Dilantik

 PAN Kerinci Dorong Saiful Efrijal Dilantik
Wal Amri

KERINCI (SR28) - Terkait persoalan hukum yang sedang dijalani oleh Saiful Efrijal salah seorang calon legislatif terpilih Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Kerinci di pileg 2019 lalu kemungkinan besar akan serentak dilantik pada 28 Agustus 2019 mendatang. 

Menurut keterangan Kabag Pemerintahan Kabupaten Kerinci Wal Amri mengatakan bahwa pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci tidak mempunyai wewenang untuk menunda pelantikan atas nama Saiful Efrijal.

“Bupati Kerinci tidak punya kewenangan, Bupati Kerinci hanya melanjutkan apa yang diujukan KPU kepada Gubernur Jambi,” ujarnya, Rabu, (21/8/2019).

Terkait adanya PKPU Nomor 5 Tahun 2019 merupakan kewenangan KPU Kabupaten Kerinci. Sementara Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 merupakan aturan yang lebih tinggi dari PKPU.

“Kita sudah konfirmasi ke Jambi. Pemerintah tetap mengacu kepada PP Nomor 12 Tahun 2018. Karena PP itu lebih tinggi kedudukannya dari PKPU,” jelasnya.

Terpisah menurut keterangan Muhardi Sekretaris DPD PAN Kabupaten ketika dikonfirmasi mengungkapkan bahwa pihaknya PAN Kabupaten Kerinci tidak mempermasalahkan status Saiful Efrijal.

“DPD PAN Kabupaten Kerinci tidak mempermasalahkan status tersebut. Kita tetap mendorong pelantikan Saiful Efrijal pada tanggal 28 Agustus 2019 nanti,” ujarnya. 

Meskipun demikian lanjutnya, jika adanya persoalan hukum yang sedang dijalani akan diselesaikan didalam intern Partai PAN. 

“Sekali lagi kita tetap mendorong pelantikan ini. Soal persoalan hukum itu akan diselesaikan di intern partai kami (PAN),” jelasnya.

Menurut Muhardi, dalam PKPU Nomor 5 Tahun 2019 pasal 33 memang menegaskan bahwa caleg terpilih yang ditetapkan sebagai tersangka yang bersangkutan akan dilakukan penundaan.

“Tetapi di UU Nomor 23 Tahun 2014 maupun PP Nomor 12 Tahun 2018 tidak mengaturnya. Hanya yang diatur didalam UU dan PP apabila yang bersangkutan setelah dilantik menjadi anggota DPRD menjadi terdakwa baru diberhentikan sementara nanti setelah inkrah itu baru diberhentikan tetap,” ungkapnya.

Reporter: Ero

PAN | Kerinci | Dorong | Saiful |

Copyright @2015