Kamis, 05 September 2019 22:06 WIB

Udara Tak Sehat Akibat Kabut Asap, Dinkes Tanjabbar Bagikan Masker Gratis

 Udara Tak Sehat Akibat Kabut Asap, Dinkes Tanjabbar Bagikan Masker Gratis

KUALA TUNGKAL (SR28) - Kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Tanjung Jabung Barat sejak beberapa pekan terakhir ini semakin tebal membuat udara di kota Kuala Tungkal semakin tidak nyaman dan akan bisa berdampak Impeksi Pernapasan (Ispa).

Dari hasil pengukuran Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Tanjab Barat, angka ISPU mencapai 129 Partikel Per Million (PPM) dikategori tidak Sehat, Kamis (5/9/2019) pihak Dinkes menindaklanjuti kurang baiknya kualitas udara membagikan masker di tiga titik dalam kota Kuala Tungkal, di tiga titik dalam kota tungkal yakni di Simpang Patunas SMA 1, di simpang BNI dan Simpang RSUD.

Kadinkes Tanjab Barat Dr.Hj.Andi Pada melalui Kasi Kesmas Rusdi ketika dikonfirmasi awak media mengatakan, bahwa ISPU di Kota Kuala Tungkal mengalami peningkatan dan masuk dalam kategori yang  tidak sehat.

"Hal itu sudah dilakukan nya pengukuran ISPU menggunakan alat Staplex type TFAGF41 pada Senin lalu dan saat itu masih diangka 82 PPM. Sedangkan pada hari Rabu pengukuran kembali dan didapati angka ISPU nya 129 PPM, angka tersebut menunjukkan masuk dalam kategori tidak sehat,” ujarnya.

"Untuk pengukuran dilakukan sesuai dengan standar selama setengah jam dan kita melakukan pengukur mulai dari pukul 11.11 WIB hingga pukul 11.41 WIB. Hasilnya setiap 6 menit kita hitung menggunakan rumus dan didapati angka 129 PPM," ujarnya.

Rusdi juga menambahkan,” dengan konsisi angka 129 PPM pihak Dinkes menghimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas diluar rumah jika tidak begitu penting.

"Jika ingin beraktiftas diluar gunakanlah masker guna mengantisipasi penyakit Inpeksi Pernapasan (Ispa), jika masyarakat butuh masker bisa mendapatkannya di Puskesmas terdekat secara gratis," punkasnya.

Reporter: Sabri
Editor: Agus Solihin Abar

Udara | Tak | Sehat | Akibat |

Copyright @2015