Rabu, 22 Januari 2020 11:26 WIB

Fachrori Harapkan BUMN Perkuat Pertumbuhan Ekspor Unggulan Daerah

 Fachrori Harapkan BUMN Perkuat Pertumbuhan Ekspor Unggulan Daerah

 JAMBI ( SR28 ) — Gubernur Jambi, H Fachrori Umar mengharapkan sinergitas BUMN dengan Pemerintah Provinsi Jambi mampu mendorong pertumbuhan, serta transformasi struktur perekonomian yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Harapan itu disampaikan Fachrori dalam coffee morning bersama Forum BUMN, di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (22/1/2020). Acara ini mengusung semangat BUMN bersinergi membangun untuk mewujudkan Jambi Tuntas 2021.

“Saya mengharapkan pemikiran dan gagasan membangun sinergitas antar pelaku ekonomi,” ungkap Fachrori.

Dalam menumbuhkan perekonomian Provinsi Jambi, kata Fachrori, ada dua hal penting yang menjadi tantangan utama, yaitu sinergi mendorong produktivitas ekspor unggulan daerah, dan mendorong transformasi struktur perekonomian Provinsi Jambi.

Data dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jambi, pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi Triwulan IV-2019 pada kisaran 4,70 hingga 5,10 persen. Kenaikan itu didorong oleh perbaikan kinerja komoditi kelapa sawit dan pertambangan.

Menurut Fachrori, permintaan minyak mentah dan batubara menguat. Permintaan kelapa sawit juga meningkat, dengan adanya kebijakan biodiesel di dalam negeri, termasuk di negara tetangga, Malaysia.

Pemerintah Provinsi Jambi tahun 2020 masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur publik, energi dan ESDM, yang memiliki dampak ganda bagi sektor lainnya. Namun, karena keterbatasan kemampuan dan masih rendahnya ruang fiskal daerah, dibutuhkan peran serta seluruh komponen.

Pertemuan dengan pimpinan BUMN di wilayah Jambi, menurut Kepala Perum Bulog Divre Jambi, Bachtiar AS, merupakan bentuk dukungan kerja sama BUMN sebagai perusahaan negara. BUMN ikut hadir memberi kontribusi bagi perekonomian di Provinsi Jambi.

“Tahun lalu dibentuk forum sinergi ini, dengan harapan program masing-masing badan usaha bisa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jambi,” kata Bachtiar.

Bachtiar menjelaskan, saat ini bergabung 27 perusahaan milik negara dalam forum sinergi BUMN. Mereka ikut berkontribusi, terutama dalam pengelolaan dana CSR (dana sosial perusahaan), dan bersinergi mendukung program Pemprov Jambi.

“Dana CSR dapat digunakan untuk membantu masyarakat dengan program yang seiring dengan Jambi Tuntas 2021,” kata Bachtiar.

Pertemuan ini juga dihadiri Pj Sekda Provinsi Jambi, H Sudirman, dan para pejabat terkait di lingkup Pemprov Jambi.

Reporter Nur Aziza

Fachrori | Harapkan | BUMN | Perkuat |

Copyright @2015