Rabu, 26 Pebruari 2020 17:23 WIB

BKKBN Jambi Gelar Orientasi Sistem Informasi Keluarga (SIGA)

 BKKBN Jambi Gelar Orientasi Sistem Informasi Keluarga (SIGA)
Kabid ADPIN Yuslidar, S.P

KOTA JAMBI (SR28) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Jambi melaksanakanan acara Orientasi Sistem Informasi Keluarga (SIGA) kepada 49 peserta perwakilan seluruh kabupaten kota se-provinsi Jambi di Shang Ratu Hotel, Rabu (26/2/2020)

BKKBN akan menerapkan sistem informasi yang lebih kekinian dan akuntabel yaitu Sistem Informasi Keluarga (SIGA). SIGA akan menjadi data operasional bagi petugas KB dan pihak terkait dalam melakukan intervensi terhadap program pemberdayaan keluarga.

Acara ini diadakan untuk memberikan informasi yang lebih mendalam mengenai penggunaan aplikasi SIGA guna mendukung kegiatan Pendataan Keluarga (PK) yang akan dilaksanakan BKKBN di Tahun 2020 ini

Kabid ADPIN Yuslidar, S.P. yang berkesempatan hadir memberikan berbagai penjelasan mengenai tujuan dan rencana BKKBN kedepannya guna menyukseskan program-program yang telah disusun BBKBN pada 2020  

''SIGA ini sangat penting dan strategis apalagi mengingat pada ini tahun 2020  BKKBN melakukan kegiatan Pendataan Keluarga (PK) aplikasi Siga ini akan terintegrasi dengan aplikasi pendataan keluarga,"ucap Yuslindar

SIGA merupakan aplikasi yang memuat segala bentuk data mengenai program keluarga berencana (KB) yang terintregasi nantinya dengan data pribadi maupun keluarga serta pelayanan yang dapat membantu masyarakat nantinya.

"Pada acara tersebut juga peserta akan dilatih bagaimana memasukkan segala bentuk laporan dan data ke aplikasi Siga. Data itu meliputi pelayanan KB, kehadiran keluarga di kelompok kegiatan, data PLKB, data kelompok kegiatan, data faskes yang sudah memberikan pelayanan KB dan data pendukung lainnya," jelas Yuslindar.

Berbagai upaya yang dilakukan BKKBN ini (termasuk adanya aplikasi SIGA) diharapkan dapat menghasilkan data yang valid, representatif dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Selanjutnya para peserta yang telah hadir pada pelatihan kali ini diharapkan dapat berbagi ilmu kepada rekan merekayang tak berkesempatan hadir," tutupnya.

Reporter: Muhammad Sidik

BKKBN | Jambi | Gelar | Orientasi |

Copyright @2015