Sabtu, 07 Maret 2020 10:31 WIB

BKKBN Fasilitasi Sinkronisasi Perencanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang KB TA 2021

 BKKBN Fasilitasi Sinkronisasi Perencanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang KB TA 2021

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi menyelenggarakan kegiatan Sinkronisasi Perencanaan Dana Alokasi Khusus (Dak) Sub Bidang Keluarga Berencana (KB) tahun anggaran 2021, di Balatbang BKKBN Provinsi Jambi, Rabu (05/03).

 

Kegiatan ini diharapkan sebagai langkah awal dan antisipasi dalam sinergisitas dan sinkronisasi kebutuhan masyarakat atas pelayanan program banggakencana antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota melalui dana alokasi khusus.

 

Sehingga hadir dalam kegiatan tersebut beberapa pihak terkait dengan program perencanaan DAK dari BKKBN. Beberapa tamu yang hadir yaitu inspektorat  kab/kota, bappeda kab/kota, opdkb kab/kota se Provinsi Jambi.

 

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Mukhtar Bakti mengatakan, “Kegiatan ini dapat memberikan hasil yang baik diantara anggota tim pengendali dan pengelola dak sub bidang KB di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, serta bappeda dan inspektorat kabupaten/kota, sehingga menu DAK fisik tahun anggaran 2021 yang bakal kita usulkan nanti merupakan sarana dan prasarana yang tepat berdasarkan kebutuhan prioritas bukan berdasarkan keinginan semata.”

 

DAK adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada Daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Daerah dan sesuai dengan Prioritas Nasional (definisi DAK menurut UU No.33/2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah).

 

“Kegiatan ini merupakan ajang silaturrahmi, koordinasi dan diskusi antara kita yang terlibat sehingga memperoleh keberhasilan mensinergikan pandangan, agar masyarakakat Jambi dapat merasakan manfaat dari hasil pengambilan keputusan kita selaku pemerintah daerah mengenai DAK dalam kegiatan ini,” Ujar Mukhtar Bakti.

Tujuan BKKBN memfasilitasi kegiatan ini yaitu untuk mensukseskan perencanaan DAK sub bidang KB tahun anggaran 2021 di Provinsi Jambi.

 

“Semoga ikhtiar kita dalam kegiatan ini tidak sia-sia dan memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan.”tutupnya.


Reporter : Nur Azizah

BKKBN | Fasilitasi | Sinkronisasi | Perencanaan |

Copyright @2015