Selasa, 10 Maret 2020 18:24 WIB

Duta Seni Budaya Jambi Harus Mampu Promosikan Jambi

 Duta Seni Budaya Jambi Harus Mampu Promosikan Jambi

JAMBI (SR28) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi Hj Rahima Fachrori menekankan bahwa Duta Seni Budaya Provinsi Jambi harus mampu mempromosikan Provinsi Jambi dengan baik, baik di tingkat nasional, bahkan di tingkat linternasional. Untuk itu, duta seni budaya Jambi harus membekali diri tentang wawasan mengenai Provinsi Jambi dan kemampuan lainnya yang mendukung dalam mempromosikan Provinsi Jambi. Hal itu dikemukakan Rahima saat menghadiri Grand Final Pemilihan Duta Seni Budaya dan Pariwisata Provinsi Jambi Tahun 2020, di Abadi Convention Center (ACC) Selasa (10/03/2020) malam.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi Hj. Iin Kurniansih Sudirman, Wakil Ketua Bayangkara Daerah Jambi sekaligus Ketua Genpari Jambi Hj. Astina Devi Dul Halim, para Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi serta para Kepala Sekolah SMA dan SMK di Provinsi Jambi turut hadir dalam acara tersebut.

“Bujang Gadis Provinsi Jambi harus mampu  menjadi duta seni budaya Melayu Jambi serta mampu memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Jambi di tingkat nasional dan internasional,” tegas Rahima.

Rahima menyakini bahwa event yang dilaksanakan memilki arti dan makna yang sangat strategis, dalam konteks pengembangan dan pelestarian seni budaya daerah di Provinsi Jambi, khususnya bagi generasi muda yang merupakan penerus estafet pembangunan di masa datang. ”Sebagai pemegang tongkat estafet dari generasi sebelumnya, maka genersi muda perlu dibekali dengan pemahaman tentang seni budaya daerah, yang dapat mendorong pertumbuhan kegiatan pariwisata di Provinsi Jambi,” ujar Rahima.

“Saya mengharapkan kepada adik-adik yang terpilih sebagai finalis duta seni budaya dan pariwisata Provinsi Jambi untuk dapat memperdalam wawasan tentang seni budaya daerah, sebagai bekal untuk memperkenalkan seni budaya kita di daerah lain, juga di tingkat nasional dan internasional,” ungkap Rahima.

Rahima mengigatkan para peserta yang masuk finalis untuk menjaga kelestarian seni budaya  Nusantara. “Pengembangan seni dan budaya suatu daerah adalah sebagai daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke daerah tertentu, jika kita mencermati daerah yang terkenal sebagai tujuan wisatawan mancanegara, seperti Pulau Bali, ternyata  turis yang berkunjung ke Pulau Bali tidak hanya melihat keindahan Alam Pulau Dewata saja, melainkan juga melihat pentas seni budaya dari masyarakat setempat,” kata Rahima.

Rahima menjelaskan, apabila sektor seni buda dan pariwisata di suatu daerah berkembang maka akan berdampak positif terhadap jasa lainnya, seperti jasa perhotelan, restoran, jasa trasportasi, jasa komunikasi, jasa perbankan, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahtetraan untuk masyarakat setempat.

Tiga Finalis yang masuk nominasi Duta Seni  Budaya  dan Pariwisata Provinsi Jambi Tahun 2020, Finalis Putra No. 39 Rizki Ramadhan, Finalis Putri  No.52 Ruth Helen Natalia, Finalis Putra Tri Wahyu Rezki. Finalis Putri no. 44 Naila Zahrani, Finalis Putra 47 Raditya Muhardika Putra, Finalis Putri no. 36 Gianda Putri.

Duta Seni Budaya dan Pariwisata Provinsi Jambi Tahun 2020 Finalis  Putra Nomor urut 39 Rizky Ramadhan dan Putri nomor urut 44 Naila Zahrani.

Duta | Seni | Budaya | Jambi |

Copyright @2015